Senin, 16 November 2015

PKMJ Matematika 2015

Assalamualaikum wr.wb
Pada postingan kali ini saya akan melaporkan mengenai apa-apa saja yang telah saya lakukan pada kegiatan PKMJ Matematika Univesutas Negeri Jakarta. Postingan ini merupakan kelanjutan dari 2 postingan sebelumnya mengenai PKMJ.Pada hari pertama, tepat pada pukul 16.00 saya dan peserta lain diberitahukan unutk berkumpul dilapangan daksinapati. Kemudian kami melakukan apel bersama. Setelah itu diberitahukan untuk berkumpul bersama teman kelompok untuk berangkat bersama dengan kaka fasil menuju lokasi tempat PKMJ berlangsung. Kami berangkat setela hujan tepatnya pada pukul 19.00 menggunakan kereta, dan sampai pada pukul 23.15 dilokasi.Sesampainya disana kami bersama panitia melalukan siding tata tertib, setelah selesai kami diperkenankan oleh panitia untuk tidur. Keesokan paginya kami jogging bersama dengan menikmati indahnya pemandangan yang ada.Kami mendapatkan materi yang sangat bermanfaat pada saat PKMJ, seperti hari pertama mendapatkan materi manajemen advokasi yang dimoderatori Kak Sigit Galih Purnomo dan Kak Putra sebagai pembicara. Kak Putra menjelaskan tentang bahwa advokasi itu adalah:
-          Pembela
-          Penggagas
Yang secara keseluruhan mempunyai arti untuk dapat bermanfaat dimasyarakat dalam bentuk pembelaan kepada korban ada suatu ketidakadilan.
Yang harus dipersiapkan yaitu:
-          Upaya kontinuitas
-          Sistematik dan teroganisir
-          Korban ketidak adilan
-          perubahan

advokasi terbagi menjadi 2 yaitu
-          advokasi luar kampus
1.      Hukum
2.      Sosial
3.      Kebijakan Publik-         
advokasi dhalam kampus
Tugas advokasi yaitu 3P :
1.      Pelayanan:
a.       Menerima keluhan akademik an non akademik tentang kebijakan kampus yang merugikanb.      Memberi informasi kepada mahasiswa mengenai akademik dan beasiswa2.      Pengaduan :a.       Pengaduan bayaran semester, beasiswa dll.3.      Pembelaan :a.       Merespon pengaduan mahasiswab.      Memberi motivasic.       Menganalisis permasalahand.      Menyampaikan keluhan mahasiswa kepada pihka yang terkait untuk mencari solusiTujuan advokasi :1.      Menegakan keadilan2.      Memberi pelayanan kepada mahasiswa3.      memfasilitasi mahasiswa4.      Membela hak mahasiswa5.      Mensejahterkan mahasiswaSetelah materi pertama dilanjutkan dengan materi yang ke2 yaitu mengenai Kepemimpinan dan Public Speaking yang dimoderatori oleh kak Wahyu dan sebagai pembicara adalah kak Bagus. Beliau mengatakan pemimpin itu adalah Pemimpi + n yaitu seseorang yang bermimpi dan dia mempunyai factor n tersebut untuk mewujudkan mimpinya.Dalam menjalankan kepemimpinanya, pemimpin mempunyai STAF yaituS= Sidiq (dapat dipercaya)T= Tablig (tanggung jawab)A= Amanah (cerdas)F= fatanahDan public speaking mempunyai factor yang harus diperhatikan yaitu:Mental. Teknik, konten.Selanjutnya yaitu adalah pengenalan mengenai struktur BEMJ oleh kak Hafiz. Kemudian dilanjutkan dengan Materi aku banggas menjadi anak UNJ yang membuat kita merasa bangga menjadi anak UNJ karena membela kepentingan rakyat.Lalu dilajutkan dengan PKN yaitu Program Kerja Nyata dan kemudian kami dibagi menjadi BEMJ dan LLMJ. Kami membuat Kegiatan yaitu Workshop pemuda sebagai aset. Dan berjalan dengan sukses walupun mendapat berbagai tantangan.Pada hari terakhir kami disuguhkan dengan video selama brifing hingga hari H PKMJ dimulai. saya merasa senang karena mendapat ilmu yang bermanfaat.Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar